Posted in All Of Me, Coretan Khayalan, Uncategorized

[Tutorial] Melupakan First Love

 

FIRST LOVE? Sebenarnya first love itu apa sih? Seorang yang spesial, sampai-sampai sangat susah untuk dilupakan?

Yap, first love . . .

Kalau membicarakan first love, yang pertama kali tersirat adalah kepedihan dan kekecewaan. Karena hampir setiap manusia di muka bumi ini justru tak pernah berakhir dengan first love atau cinta pertama mereka.

Bahkan dengan penduduk yang berjumlah ratusan juta di dunia ini, persentase yang berhasil akan cinta pertamanya sangat minim bahkan akan berakhir dengan kegagalan. Entah, ini mitos atau sebuah karma sebenarnya.

Dalam kehidupan ini, kita bisa berkali-kali jatuh cinta pada orang lain. Tapi hebatnya, cinta pertama seakan memiliki tempat istimewa yang tak penah terhapuskan. Hal baru dari perasaan, seperti tetes pertama embun pada daun tersentuh, yang membuatnya istimewa dan tak terlupakan.

“Keajaiban cinta pertama adalah ketidaktahuan kita bahwa hal itu tidak pernah berakhir.” – Benjamin Disraeli

Menyesal. Namun, dari penyesalan itu tersirat akan harapan. Mungkin menyedihkan, namun hal ini seakan menjadi candu yang tak bisa hilang. Cinta pertama yang mengacaukan list masa depan yang telah kurancang.

Alexander Smith berkata, “Cinta adalah tepi penemuan diri kita pada orang lain, dan kenikmatan dalam pengakuan.”

Bagaimana dengan sebuah pengakuan yang tak pernah tersampaikan? Bukan kah akan berakhir dengan penyesalan?

So, back to the main point. Cara melupakan cinta pertama. Sebenarnya tak ada cara-cara khusus, atau jurus jitu sampai mengalahkan jutsu-jutsu naruto dan kawan-kawan.

  1. Menghilangkan jejak ‘cinta pertama’

Menghilangkan jejak cinta pertama mungkin tidaklah mudah, karena sejak lama kita telah terbiasa akan hal-hal mengenainya. Tapi, mulailah dari sekarang. Dengan menghapus kontak nomor HP, kontak line, unfollow akun doi di twitter or instagram, unfriend doi di akun facebook lu.

  1. Menghapus foto ‘cinta pertama’

Kalau lu sudah jadi member lama dari cinta pertama lo, mungkin sudah ada galeri khusus tentang dirinya? So, HAPUS saat itu juga.

  1. Jangan pernah KEPO akan si ‘cinta pertama’

Niat lupain si doi udah ada. Eh, tapi lu masih kepo tentang dia? Kelar aja tuh niat. So, sebisa mungkin jangan lagi kepoin doi. Baik kepoin teman-teman doi ataupun secara terang-terangan lu kepoin media sosial doi.

  1. Menghindar

Jikalau suatu hari diri lu bertemu dengan doi dan hati lu masih belum kuat. Cobalah untuk menghindar dengan mencari jalan lain, mungkin. Karena satu pertemuan itu saja bisa membuat perasaan itu balik lagi, dan alhasil rencanan lu buat ‘move on’ jadi rusak serusak rusaknya.

  1. Mencari hal baru

Dengan mencari hal baru, mungkin bisa jadi salah satu cara melupakan doi. Yaps, contohnya saja melakukan travelling, menyibukkan diri di kampus ataupun di kantor atau disuatu organisasi. Atau mungkin mencari hal baru lainnya adalah menemukan doi baru yang bisa menerima diri lu apa adanya 😀

Finally, itu dia tutorial melupakan cinta pertama yang bisa gua sampaiin.

Bagi para readers, bisa nih berbagi pengalamannya dan saran-sarannya mengenai cara melupakan cinta pertama lo semua, cus ditambah di kolom komentar . . . 😀

Especially, my lovely and my bestie Si semut Rangrang and Penulis Puisi Bermutu

 

Advertisements
Posted in All Of Me, Uncategorized

Puisi Lirih Untukmu

Kutuliskan puisi ini untuk mengingatmu

Bahwa Sudah banyak musim

Sudah banyak tahun

Sudah banyak hal yang kau lalui

Tapi aku masih tetap disini

Ingin berkata kuingin kau bahagia

Tapi nyatanya kuingin kau disini

Terus berpikir untuk menghakhirinya

Terus teguh untuk melupakan

Namun nyatanya semakin membuatku bertahan

Terus memanipulasi rasa

Namun nyatanya rasa ini terus ada

Entah sampai kapan ingin kuingkari hati ini

Entah sampai kapan kuberpaku pada hal bodoh ini

Terlalu bodoh ku memandang dirimu saat ini

Melihat kau bahagia, tersenyum dan tertawa pada kasihmu

Seakan menusuk tulang cinta tak terbalas

terbias tak berbekas

manakala bibir tak dapat berucap

Cinta berhenti tak dapat berbalas

Masih tetap kugurau dirimu saat kita bertemu

Namun, tidakkah kau sadar dibalik gurauan ku menyimpan lirih

Bahkan kau tau, kita jarang bersapa temu

Namun, kenapa perasaan ini tetap menggebu

Hanya menghasilkan lelah hati

Bertahan menjaga cinta ini

Mencintaimu tanpa ada balasan

Sakit hatiku tak pernah kau hiraukan

Ego kah aku pada diriku sendiri

Ego kah aku karena tetap bertahan tanpa berkata sepatahpun

Ya, mungkin aku terlalu menyiksa diri

Bertahan. Namun, tak pernah mengungkapkan

Selalu menganggap mencintaimu dalam diam

Sebuah diam yang tak berujung

Hingga pada akhirnya kusadar

Kuhanya seorang pengecut yang berharap indah namun tak berulah

Continue reading “Puisi Lirih Untukmu”

Posted in Education, Uncategorized

Kimia Fun : Reaksi Redoks

Reaksi redoks (reduksi-oksidasi) adalah reaksi kimia yang melibatkan perubahan bilangan oksidasi. Pada dasarnya, reaksi redoks adalah gabungan dari dua reaksi setengah, yaitu reaksi setengah reduksi dan reaksi setengah oksidasi. Seperti yang telah kita pelajari di kelas X, reaksi oksidasi adalah reaksi di mana suatu spesi melepaskan elektron sehingga mengalami kenaikan bilangan oksidasi. Sedangkan reaksi reduksi adalah reaksi di mana suatu spesi mengikat elektron sehingga mengalami penurunan bilangan oksidasi. Pada suatu reaksi kimia yang lengkap, reaksi oksidasi selalu diikuti oleh reaksi reduksi sehingga reaksi yang terjadi disebut reaksi redoks.

Berikut adalah contoh reaksi setengah reduksi:

Cu2+(aq) + 2e-  → Cu(s)

Pada reaksi di atas, kita melihat bahwa unsur tembaga (Cu) mengalami penurunan bilangan oksidasi dari +2 menjadi 0 dengan mengikat 2 elektron. Berikut adalah contoh reaksi setengah oksidasi:

Zn(s) → Zn2+(aq) + 2e-

Pada reaksi di atas, kita melihat bahwa unsur Zn mengalami kenaikan bilangan oksidasi dari 0 menjadi +2. Apabila kedua reaksi setengah digabungkan menjadi satu kesatuan reaksi redoks yang lengkap, persamaan reaksi menjadi:

Cu2+(aq) + 2e–  → Cu(s)

Zn(s) → Zn2+(aq) + 2e

Cu2+(aq) + Zn(s) → Cu(s) + Zn2+(aq)

Secara utuh, reaksi lengkap di atas menunjukkan bahwa ion Cu2+ mengoksidasi logam Zn. Dengan demikian, kita menyebut Cu2+ sebagai pengoksidasi (oksidator). Sementara itu, logam Zn mereduksi ion Cu2+. Maka, Zn adalah pereduksi (reduktor). Dalam reaksi setengah masing-masing, Cu2+ yang bertindak sebagai oksidator pada reaksi lengkap, adalah reaktan yang mengalami reduksi. Sedangkan Zn yang bertindak sebagai reduktor pada reaksi lengkap, adalah reaktan yang mengalami oksidasi. Kesimpulannya, agar lebih mudah mengingat, kita dapat menggunakan prinsip berikut untuk menentukan reduktor dan oksidator, yaitu:

Pelaku mengalami yang sebaliknya

Dalam banyak aplikasi stoikiometri, penyetaraan reaksi menjadi aspek penting yang menentukan penyelesaian suatu soal, tidak terkecuali reaksi redoks. Berbeda dengan reaksi nonredoks, penyetaraan dalam reaksi redoks memerlukan langkah khusus agar lebih mudah. Secara umum, penyetaraan reaksi redoks dapat dilakukan dengan dua metode, yaitu metode bilangan oksidasi atau perubahan bilangan oksidasi (PBO) dan metode ion elektron (setengah reaksi).

  1. METODE BILANGAN OKSIDASI (PERUBAHAN BILANGAN OKSIDASI/PBO)

Metode bilangan oksidasi adalah cara menyetarakan reaksi redoks dengan menentukan kesetaraan perubahan bilangan oksidasi spesi-spesi yang mengalami perubahan bilangan oksidasi. Perhatikan contoh reaksi berikut beserta langkah-langkah dalam penyetaraan reaksi redoks menggunakan metode PBO!

MnO4(aq) + C2O42-(aq) → Mn2+(aq) + CO2(g) (suasana asam)

  1. Tentukan unsur yang mengalami perubahan bilangan oksidasi (biloks), dan tentukan berapa biloksnya pada ruas kiri dan kanan.

Pada reaksi di atas, yang mengalami perubahan biloks adalah unsur Mn dan C. Biloks Mn berubah dari +7 pada ruas kiri menjadi +2 pada ruas kanan, sedangkan biloks C berubah dari +3 pada ruas kiri menjadi +4 pada ruas kanan.

(+7)              (+3)                 (+2)          (+4)

MnO4(aq) + C2O42-(aq) → Mn2+(aq) + CO2(g)

  1. Pastikan unsur-unsur yang mengalami perubahan biloks berjumlah setara di ruas kiri dan kanan: tambahkan koe sien reaksi yang sesuai.

Pada reaksi tersebut, unsur Mn sudah memiliki jumlah yang sama di ruas kiri dan kanan. Untuk unsur C, kita perlu menambahkan koe sien 2 pada CO2 di ruas kanan.

(+7)           (+3)                   (+2)            (+4)

MnO4(aq) + C2O42-(aq) → Mn2+(aq) + 2CO2(g)

  1. Hitung perubahan biloks dari unsur-unsur yang mengalami perubahan biloks: selisih total biloks pada ruas kiri dengan total biloks pada ruas kanan.

Total perubahan biloks Mn adalah (+2) – (+7), yaitu –5. Sedangkan total perubahan biloks C adalah (2 × (+4)) – (2 × (+3)), yang sama dengan (+8) – (+6), yaitu +2.

1

  1. Setarakan perubahan biloks reduksi dengan oksidasi: jumlah kenaikan biloks harus sama dengan jumlah penurunan biloks.2
  2. Berikan koe sien yang sesuai dengan hasil penyetaraan yang dilakukan pada langkah 4.

2MnO4(aq) + 5C2O42-(aq) → 2Mn2+(aq) + 10CO2(g)

  1. Apabila ada perbedaan jumlah atom oksigen di ruas kiri dengan kanan, tambahkan H2O pada ruas yang kekurangan oksigen, sejumlah kekurangannya. Sampai pada langkah 5, kita melihat bahwa ruas kanan kekurangan 8 atom oksigen dari ruas kiri, sehingga kita menambahkan 8H2O pada ruas kanan.

    2MnO4(aq) + 5C2O42-(aq) → 2Mn2+(aq) + 10CO2(g) + 8H2O

  2. Suasana Asam: Setelah menambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom oksigen sebanyak kekurangannya, selanjutnya tambahkan ion H+ pada ruas lainnya sebanyak 2× jumlah H2O yang ditambahkan pada langkah 6. Suasana Basa: Tambahkan H2O pada ruas yang kekurangan jumlah atom oksigen dan ion H+ di ruas lainnya seperti pada suasana asam. Kemudian, tambahkan ion OH- di ruas kiri dan kanan, sama banyaknya dengan ion H+ yang ada. Selanjutnya, ion H+ dan OH- yang berada di ruas yang sama akan menjadi H2O. Hitung selisih H2O pada kedua ruas. Pada akhirnya, akan tersisa ion OH- di salah satu ruas. Karena reaksi antara ion permanganat dan ion oksalat terjadi pada suasana asam, maka kita akan mengikuti langkah penyetaraan untuk suasana asam.

    2MnO4(aq) + 5C2O42-(aq) + 16H+  → 2Mn2+(aq) + 10CO2(g) + 8H2O

  3. Apabila ada spesi-spesi lain yang tidak terlibat pada reaksi redoks, pastikan mereka juga sudah setara.

  4. Cek kesetaraan reaksi dengan menghitung: 1) jumlah atom ruas kiri telah sama dengan ruas kanan, 2) jumlah muatan ruas kiri telah sama dengan ruas kanan. Setelah menghitung jumlah atom dan muatan kedua ruas yang sudah setara, maka hasil penyetaraan reaksi di atas adalah :

    2MnO4(aq) + 5C2O42-(aq) + 16H+  → 2Mn2+(aq) + 10CO2(g) + 8H2O

     

    B. METODE ION ELEKTRON (SETENGAH REAKSI)

Metode ion elektron atau setengah reaksi adalah metode penyetaraan reaksi redoks dengan cara memisahkan reaksi setengah reduksi dengan reaksi setengah oksidasi, kemudian penyetaraan dilakukan dengan menyamakan jumlah elektron yang muncul pada masing-masing reaksi setengah. Kita akan menggunakan kembali reaksi redoks antara ion permanganat dan ion oksalat untuk memahami langkah-langkah penyetaraan dengan metode setengah reaksi.

MnO4(aq) + C2O42-(aq) → Mn2+(aq) + CO2(g) (suasana asam)

 

For the complete document, click link below :

Kimia Fun – Reaksi Redoks

 

Posted in Education, Uncategorized

Kimia Fun : Kimia Unsur

KELIMPAHAN UNSUR-UNSUR DI ALAM

1. Struktur Lapisan Bumi

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia membutuhkan senyawa-senyawa kimia yang tersedia di bumi. Senyawa-senyawa tersebut dapat berasal dari kerak bumi dan atmosfer. Bumi terdiri atas lapisan-lapisan dengan karakteristik yang khas, yang berasal dari kandungan utama pada lapisan tersebut, yang secara umum dibagi menjadi lima bagian. Dari bagian terluar hingga yang terdalam, bumi terdiri atas atmosfer yang tersusun dari campuran berbagai gas, hidrosfer yang komponen utamanya adalah air, litosfer, mantel, dan inti bumi.

2. Komposisi Lapisan Bumi

  1. Atmosfer

Atmosfer merupakan lapisan yang berwujud gas dengan ketebalan 1.100 km dan lebih dari separuh gas penyusun  atmosfer  terkonsentrasi  pada  hingga  ketinggian 5,6 km. Kandungan gas di atmosfer semakin menipis pada ketinggian yang semakin meningkat. Gas-gas dengan massa terendah, seperti gas helium dan hidrogen, terkonsentrasi di bagian luar. Gas-gas dengan massa yang lebih besar berada lebih dekat dengan bumi karena pengaruh gravitasi bumi. Tabel berikut adalah komposisi gas pada atmosfer bumi.

 

 

No.

Gas Penyusun Atmosfer

 

Kadar (%)

Nama

Rumus Molekul

1

Nitrogen

N2

78,08

2

Oksigen

O2

20,95

3

Argon

Ar

0.934

4

Karbon dioksida

CO2

0,0314

5

Neon

Ne

0,00182

6

Helium

He

0,000524

7

Kripton

Kr

0,000114

8

Hidrogen

H2

0,00005

9

Xenon

Xe

0,000008

10

Gas-gas lain

CO, NO, SO2, dll.

< 0,002

2. Hidrosfer

Hidrosfer adalah lapisan cair (air), termasuk lautan, yang menutupi sekitar 70% bumi. Hidrosfer mengandung air yang melarutkan berbagai senyawa dan ion yang merupakan sumber bahan kimi untuk industri, seperti ion nartrium dan ion klorida pada senyawa garam dapur (NaCl), ion magnesium, ion kalsium, ion bromida, dan sebagainya. Kedalaman laut diperkirakan lebih dari 3000 m.

  1. Litosfer

Litosfer disebut juga kerak bumi dengan ketebalan 100 km. Berbagai mineral dan bijih tambang terdapat di litosfer. Mineral adalah senyawa yang berwujud padat dengan komposisi kimia tertentu mengandung logam, sedangkan bijih adalah senyawa logam yang dapat dimanfaatkan secara ekonomis sebagai sumber suatu logam. Tabel berikut memberikan contoh beberapa jenis mineral dan contohnya.

Tipe Mineral

Contoh

Karbonat

BaCO3 (wiserit), CaCO3 (kalsit/batu kapur), MgCO3 (magnesit), CaCO3.MgCO3 (dolomit), PbCO3 (serusit),  ZnCO3 (smitsonit)

Halida

CaF2 (fluorit), NaCl (halit), KCl (silvit), Na3AlF6 (kriolit)

Tipe Mineral

Contoh

Oksida Al2O3.2H2O (bauksit), Al2O3  (korundum), Fe2O3  (hematit), Fe3O4
  (magnetit), Cu2O (kuprit), MnO2  (pirolusit), SnO2  (kasiterit), TiO2
  (rutil), ZnO (zinkit)
Fosfat Ca3(PO4)2 (batu fosfat), Ca5(PO4)3OH (hidroksiapatit)
Silikat Be3Al2Si6O18  (beril), ZrSiO4  (sirkonit), NaAlSi3O8  (albit), Mg(Si4O10)
  (OH)2 (talk)
Sul da Ag2S (argentit), CdS (grenokit), Cu2S (kalkosit), FeS2  (pirit), HgS
  (sinabar), PbS (galena), ZnS (sfalerit)
Sulfat BaSO4  (barit), CaSO4  (anhidrit), PbSO4  (anglesit), SrSO4  (selestit),
  MgSO4.7H2O (epsomit)

Continue reading “Kimia Fun : Kimia Unsur”

Posted in Education, Uncategorized

Makalah Sejarah Wajib : ASEAN

 

ASEAN-LOGO

  1. Latar Belakang Terbentuknya ASEAN

       Negara-negara  yang  termasuk  dalam  wilayah  Asia  Tenggara  adalah  Indonesia, Malaysia, Filiphina, Myanmar, Singapura, Brunei  Darussalam, Thailand, Vietnam, Kampuchea, dan  Laos.

       Letak  Asia  Tenggara  sangat  strategis. Kekayaan  alamnya  sangat  melimpah. Ini  membuat  bangsa  lain  menjadi  iri  dan  ingin  menguasainya. Buktinya, sejak  abad  ke-15  bangsa  Eropa  sudah  mengacak-acak  Asia  Tenggara. Spanyol, Portugis, Inggris, Prancis, Amerika  Serikat, dan  Belanda  ke  Asia  Tenggara  tidak  hanya  ingin  berdagang. Penjajahan  bangsa  Inggris  atas  Malaysia, Singapura, Myanmar, dan  Indonesia; Penjajahan  bangsa  Spanyol  dan  Amerika  Serikat  atas  Filipina; penjajahan  bangsa  Belanda  atas  indonesia; penjajahan  bangsa  Prancis  atas  laos, Kampuchea, dan  Vietnam; serta  penjajahan  bangsa  Portugis  atau  Timor-Timur  adalah  contoh  nyata  betapa  besar  keinginan  bangsa  Eropa  dan  Amerika  menguasai  Asia  Tenggara.

       Negara-negara  yang  dijajah  tersebut  akhirnya  dapat  melepaskan  diri  dari  penjajahan. Mereka  merasa  senasib  dan  memiliki  banyak  persamaan. Persamaan-persamaan  tersebut  menimbulkan  perasaan  setia kawan. Akhirnya, ada  lima  negara  di  wilayah  Asia  Tenggara  sepakat  untuk  membentuk  sebuah  organisasi. Kelima  negara  tersebut  adalah  Indonesia, malaysia, Thailand, Singapura, dan  Filipina.

Pada tanggal 8 Agustus 1967 kelima Negara tersebut mengadakan pertemuan di tepi Pantai Bangsaem, Bangkok, Thailand. Pertemuan tersebut di hadiri oleh lima orang yang merupakan wakil dari lima Negara. Kelima orang tersebut sebagai berikut :

  1. Adam  Malik; Menteri  Presidium  Urusan  Politik/Menteri  Luar  Negeri  indonesia.
  2. Tun  Abdul  Razak; Wakil  Perdana  Menteri  Pembangunan  Malaysia.
  3. Thanat  khoman; Menteri  Luar  Negeri  Thailand.
  4. S. Rajaratnam; Menteri  Luar  Negeri  Singapura.
  5. Narciso  Ramos, Menteri  Luar  Negeri  Filipina.

Pada tanggal 8 Agustus 1967 di Bangkok, Thailand dan melalui penandatanganan Deklarasi Bangkok oleh Menteri Luar Negeri Filiphina, Indonesia, Thailand, Malaysia, dan Singapura, maka di bentuklah sebuah organisasi, yaitu ASEAN (Association of South East Asian Nation).

Untuk makalah lebih lengkapnya, dapat di unduh : Sejarah_ASEAN

 

Posted in Education, Uncategorized

Makalah Fisika : Alat-alat Optik (Pdf)

          Kemajuan teknologi telah membawa dampak yang positif bagi kehidupan manusia, berbagai peralatan elektronik diciptakan untuk dapat menggantikan berbagai fungsi organ atau menyelidiki fungsi dan penyimpangan pada organ tubuh manusia. Salah satunya adalah kamera. Kemajuan teknologi telah merevolusi berbagai alat elektronik dari ukuran besar menjadi ukuran yang sangat kecil. Teknologi ini dikenal dengan teknologi nano (teknologi nano adalah teknologi yang bergerak atau dibuat dalam scala nanometer).

 

Alat optik adalah alat-alat yang salah satu atau lebih komponennya menggunakan benda optik, seperti: cermin, lensa, serat optik atau prisma. Prinsip kerja dari alat optik adalah dengan memanfaatkan prinsip pemantulan cahaya dan pembiasan cahaya. Pemantulan cahaya adalah peristiwa pengembalian arah rambat cahaya pada reflektor. Pembiasan cahaya adalah peristiwa pembelokan arah rambat cahaya karena cahaya melalui bidang batas antara dua zat bening yang berbeda kerapatannya.

Untuk lebih lanjut mengenai Alat-alat optik.

Adik-adik, teman-teman, dan para pembaca lainnya. Bisa nih download filenya disini.

Klik : Makalah Alat-alat Optik

 

Semoga bermanfaat ya. Dan jangan lupa komen-komen jika memang membantu ^^

Posted in Education, Uncategorized

Materi Kuliah Mekanika (II)

Untuk Bab 2 :

BAB 2

Gerak Vertikal ke Atas, Gerak Jatuh Bebas,

Gerak Melingkar dan Gerak Rotasi

 

Materi

  1. Gerak naik vertikal
  2. Gerak jatuh bebas
  3. Gerak melingkar kecepatan tetap
  4. Gerak rotasi

Tujuan

  1. Menjelaskan gerak naik vertikal
  2. Menghitung kecepatan pada gerak naik vertikal
  3. Menjelaskan gerak jatuh bebas
  4. Menghitung kecepatan pada gerak jatuh bebas
  5. Menjelaskan gerak melingkar dengan kecepatan tetap
  6. Menghitung kecepatan pada gerak melingkar
  7. Menjelaskan gerak rotasi
  8. Menghitung kecepatan pada gerak rotasi

Klik Link : Materi Mekanika – Gerak (Bab 2)

Posted in Education, Uncategorized

Materi Kuliah Mekanika

Ini dia, materi mekanika di semester 2  :

Bab 1

Kinematika Gerak

  1. Materi

Jarak posisi/perpindahan, kecepatan rata-rata, percepatan rata-rata, percepatan sesaat, hubungan jarak, kecepatan, percepatan dan waktu.

  1. Tujuan
  2. Menuliskan arti jarak
  3. Menuliskan arti perpindahan
  4. Membedakan jarak dengan perpindahan
  5. Menuliskan rumus perpindahan 2 dimensi dan 3 dimensi
  6. Menuliskan arti kecepatan rata-rata
  7. Menuliskan rumus kecepatan rata-rata
  8. Menuliskan arti kecepatan sesaat
  9. Menuliskan rumus kecepatan sesaat
  10. Menuliskan arti percepatan rata-rata
  11. Menuliskan rumus percepatan rata-rata
  12. Menuliskan arti percepatan sesaat
  13. Menuliskan rumus percepatan sesaat
  14. Menuliskan rumus hubungan jarak, kecepatan, percepatan dan waktu
  15. Menghitung posisi/perpindahan 2 dimensi dan 3 dimensi
  16. Menghitung kecepatan rata-rata
  17. Menghitung kecepatan sesaat
  18. Menghitung percepatan rata-rata
  19. Menghitung percepatan sesaat
  20. Menghitung waktu dengan menggunakan rumus hubungan jarak, kecepatan, percepatan dan waktu.

Klik Link :  Materi Mekanika – Kinematika Gerak

Posted in Coretan Khayalan, Uncategorized

Surat Cinta Arka Untuk Nayla (II)

tumblr_mqf82tD6Lj1svjh9lo1_500

Nayla…

Aku tak mungkin berbohong mengatakan bahwa kamu lebih indah dari rembulan, karena pada kenyataannya rembulan memang lebih indah dari dirimu.

Tapi apa yang membedakanmu dengan rembulan yang indah itu?

Rembulan indah hanya ada pada waktunya, hanya pada saat malam tiba. Rembulan menjadi teman setia untuk bintang di atas sana. Dan mereka selalu bersama saat malam menyelimuti bumi ini.

Nay, dirimu indah dengan apa adanya dirimu. Dan tanpa kau tahu, setiap malam do’aku selalu ada namamu. Namamu, yang kelak menjadi pendamping hidupku. Setia, layaknya seperti bintang yang tak pernah lelah mendampingi rembulan di atas sana.

Akankah rasa rinduku ini tersampaikan padamu?

Akankah aku juga berada di dalam hatimu?

Apa kau juga mencintaiku?

Karena aku sudah terlalu jatuh begitu dalam akan cinta yang tumbuh diatas keinginanku…

Aku tak ingin berharap terlalu jauh, namun jika Allah memang menjadikan kau adalah takdirku. Maka seluruh rasa rindu dan cintaku benar-benar tersampaikan selama ini.